Jumat, 16 November 2012

Bahaya Radiasi Handphone Bagi Kesehatan Kita

Diposkan oleh Almira Rossa di 19.01


     Penemuan baru saat ini menunjukkan bahwa gelombang radio yang dipancarkan HP bias nerusak struktur DNA manusia. Penelitian ini dilakukan oleh 12 lembaga reset, 7 diantaranya ada di Eropa selama 4 tahun. 1996, Universitas of Washington, Seattle menemukan bahwa EMR dalam bentuk energi gelombang radio rendah terbukt bias merusak DNA. Kelompok risetb Jerman, Verum mencoba mempelajari efek radiai HP terhadap sel-sel tubuh manusia. Hasilnya sel-sel tubuh yang terkena paparan gelombang elektromagnetik seperti pada HP mengalami
kerusakan yang signifikan.Bahkan mutasi sel-sel ini bias menjadi penyebab timbulnya kanker. Pancaran radiasi yang digunakan dalam penelitian berada pada level 0,3-2 watt/kg, sementara pada HP memancarkan sinyal radio atau SAR (Spesifik Absortion Rate) yang berada pada level 2 watt/kg. Beberapa akibat buruk yang biasa terjadi pada tubuh manusia menurut sejumlah penelitian antara lain meningkatkan resiko terkena tumor telinga , kanker otak, berpengaruh buruk pada jaringan otak, mengakibatkan meningioma, neurioma akustik, acoustic melanoma dan kanker ludah.
October 11th, 2009
      Sungguh tragis mendapati bahwa handphone (HP) yang setiap hari kita pakai ternyata memiliki radiasi yang cukup mematikan dalam jangka panjang kita tidak berhati-hati menggunakannya. Yang juga mengejutkan adalah radiasi HP ternyata juga bias dipakai untuk mematangkan sebutir telur seperti microwave.
Untuk membuktikannya, dibutuhkan :
  1. 1 butir telur dan 2 HP. Telur diletakkan di tengah-tengah kedua HP.
  2. 65 menit percakapan ke 2 HP tersebut.
  3. Buktikan!!! Telur tersebut telah matang dan siap dimakan. Otak kita jg akan menjadi matang bila terus   menerus ditempelkan pada HP. Otak dan telur sama-sama mengandung jumlah air dan protein.
  4. Mulailah panggilan antara kedua HP selama kurang lebih 65 menit.
  5. 15 menit tidak terjadi apa-apa.
  6. Setelah 25 menit telur mulai hangat, setelah 45 menit, anda buktikan sendiri!


Bahaya Handphone

      Pernahah Anda mendengar berita bahwa handphone dapat menyebakan kanker otak? Meskipun hal diatas belum terbukti kebenarannya, tapi memang benar bahwa handphone memancarkan radiasi yang dipancarkan beberapa handphone. Kekuatan radiasi handphone yang diterima otak atau yang dinamakan SAR (Specific Absorption Rate) diukur dalam satuan Watt/kg. FCC menetapkan bahwa semua handphone yang memancarkan radiasi diatas 1,6 watt/kg dilarang untuk diproduksi (dilarang masuk di Amerika).
      Sebenarnya semua handphone yang beredar masih bias dkategorikan “aman” karena tingkat SAR-nya masih dibawah 1,6 watt/kg. Meskipun demikian ada beberapa orang yang merasa agak pusing atau telinganya panas setelah menggunakan handphone-handphone yang dikategorikan “aman” tersebut. Jadi yang betul-betul aman (bukan sekedar aman saja) adalah tingkat radasinya dibawah 1 watt/kg. Maka dari itu untuk memisahkan yang “aman” dan yang “betul-betul aman”, dibuatlah tabel dibawah ini. Untuk lebih jelasnya lihat pengaruh posisi antenna terhadap resiko kanker otak.
  • Radiasi antenna mengarah ke otak : Pada handphone jenis ini posisi antenna persis disamping otak, sehingga resiko kanker otak paling besar. 
  • Radiasi antenna mengarah ke rahang : Karena bentuknya lipatan, maka pada hadphone jenis ini posisi antenna berada disamping rahang. Dengan posisi antenna jauh dari otak, maka resiko kanker otak pada handphone semacam ini paling kecil. 
  • Radiasi antenna mengarah ke telinga : Pada handphone tersebut posisi antenna disamping telinga, sehingga resiko kanker otak tidak terlalu besar. Namun efek sampingnya yaitu menyebabkan telinga cepat panas.
Apakah Radiasi Handphone Berbahaya???
  Ketika Anda mengirim/menerima sms atau menelepon/ditelepon, handphone memancarkan gelombang electromagnet agar dapat berkomunikasi dengan pemancar operator terdekat. Dalam jumlah yang berlebihan, radiasi ini berbahaya.
      FCC (salah satu lembaga pemerintah AS) menetapkan batas maksimal besarnya radiasi yang diperbolehkan untuk handphone atau telepon genggam. Besarnya radiasi handphone ini dinyatakan dalam SAR (Specific Absorption Rate). SAR adalah nilai maksimum radiasi yang diserap oleh tubuh per satuan berat. FCC menentukan besarnya SAR untuk handphone adalah maksimal sebesar 1,6 W/kg. Negara-negara di Eropa (European Union) menetapkan besarnya SAR maksimal adalah sebesar 2 W/kg. Handphone/ponsel yang berada di atas batas ini tidak boleh diperdagangkan di negara tersebut.
Sampai saat ini penelitian mengenai radiasi handphone masih terus dilakukan. Setidaknya kita perlu berhati-hati dengan cara :
  1. Menggunakan handsfree jika kita akan menelepon dalam waktu lama.
  2. Jauhkan handphone Anda jika tidak dipakai.
  3. Jangan menelepon di mobil tanpa antenna external di mobil.
Biasanya ABG remaja atau muda-mudi yang masih hit-hotnya pacaran sering sekali menggunakan handphone berjam-jam. Apalagi operator-operator jaringan tarifnya murah (misal : 0.00000…1 rp/dtk). Bahkan nelpon gratis semalaman dari jam 12 malam s/d 6 pagi,apalagi nelpon semalaman sampai subuh sambil tiduran. Ini tidak baik karena radiasi handphone yang berlebihan dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Kebiasaan Meletakkan Handphone yang Fatal 


  • Pernah terjadi seorang wanita berturut-turut mengalami keguguran ketika usia janin berusia 2-3 bulan. Pasangan suami istri ini mengecek kehamilan berikutnya dan mendapati bahwa janin mengalami kerusakan sel berkesinambungan sampai janin mati. Dokter mengatakan bahwa rahim wanita ini telah terinfeksi oleh radiasi HP sehingga membuat janin didalamnya tidak bisa bertahan lama untuk hidup dan berkembang.
  • Rahimnya telah mati jadi tidak mungkin bagi dia untuk memiliki janin yang hiduppula. Selidik punya selidik, wanita ini ternyata memiliki kebiasaan menyimpan HP di jaket kerja dia yang posisinya tepat dekat rahim selama beberapa tahun.
  • Jangan lagi kita meremehkan resiko dari radiasi HP ini karena akibatnya bias fatal bagi organ tubuh kita. Jauhkanlah HP dari Anda sebisa mungkin ketika Anda tidak sedang memakainya.
  • Jangan terlalu sering meletakkan HP dekat dengan ginjal, jantung, dan dikantung celena Anda karena bias merusak ginjal, jantung, dan system reproduksi Anda!
  • Jangan meletakkan HP dekat dengan Anda ketika tidur. Jauhkan juga barang-barang elektronik lainnya (radio, televise, laptop) dari tempat Anda tidur karena radiasi dari barang-barang elektronik tersebut bias membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang. Radiasi yang ada mengganggu proses reproduksi hormone oleh tubuh kita pada saat tidur.
HP Lebih Merusak Pada Otak Anak-anak
  • Jauhkan HP dari anak-anak karena otak mereka yang masih muda sangat sensitive terhadap radiasi HP jika terkena cukup lama. Terlebih lagi bayi jauh lebih sensitive lagi bahkan beberapa tidak bisa menahannya.
  • Departemen kesehatan masyarakat Toronto telah menasehatkan para remaja dan anak-anak keciluntuk membatasi penggunaan ponsel mereka, dalam rangka menghindari resiko kesehatan yang cukup potensial. Ini merupakan ebijakan yang pertama di Kanada.
  • Para pejabat sudah memperingatkan bahwa oleh karena adanya efek samping dari radiasi frekuensi radio, anak-anak di bawah umur delepan tahun seharusnya menggunakan telepon selular hanya dalam keadaan darurat, dan para remaja perlu membatasi panggilan untuk kurang dari 10 menit
  • Selama bertahun-tahun, kebanyakan para pejabat kesehatan pemerintah kurang peduli terhadap segala resiko yang ada. Tetapi dengan adanya beberapa penelitian, suatu pola mulai terlihat bahwa orang-orang yang menggunakan telepon selular mereka untuk suatu periode waktu yang lama berada pada resiko lebih besar terhadap kemungkinan terkena tumor otak tertentu.
Beresiko Melahirkan Anak Hiperaktif 
  • Wanita yang menggunakan HP ketika hamil memiliki kecenderungan bakal melahirkan anak-anak dengan masalah tingkah laku, berdasarkan suatu studi terhadap lebih dari 13.000 anak-anak.
  • Wanita hamil yang memakai HP yang meskipun hanya 2 atau 3 kali dalam sehari, cukup untuk menimbulkan resiko baya mereka terkena penyakit hiperaktif dan bias mengalami kesulitan dalam pemahaman/proses belajar, emosi dan sosialisasi anak pada saat sekolah.
  • Hasil diatas justru lebih beresiko lagi apabila sang anak sendiri juga menggunakan HP sebelum berusia 7 tahun.
Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk mengurangi atau terhindar dari bahaya elektromagnet:
  1. Jangan memakai HP ketika hamil dan jangan ijinkan anak anda memakainya.
  2. Batasi lama penggunaan HP Anda atau penggunaan telepon tanpa kabel lainnya.
  3. Gunakan headset dengan kabel untuk mengurangi efek radiasi HP karena menjauhkan HP dari kepala Anda. Hindarilah pemakaian Bluetooth.
  4. Kurangi diri Anda dari terkena papatan langsung dari area transmisi Wifi (Hotspot Area). Dan kurangi berinternet dengan Wifi.
  5. Jika Anda memiliki telepon kabel,jangan pakai yang melebih 900 MHz, karena kabel Gigaherts akan terus memancarkan gelombang radio 24/7.
  6. Gunakan speakerphone daripada langsung mendekatkan HP di telinga Anda. Ini membantu agar efek radiasi tidak langsung dan menjauhkan antara otak dengan HP.
  7. Batasi penggunaan HO didalam gedung karena HP akan memancarkan lebih banyak gelombang didalam gedung dibandingkan diluar gedung.
  8. Pakai HP pada saat sinyal penuh (Signal baik). Karena ketika transmisi jelek/signal jelek, HP Anda akan bekerja lebih keras untuk menangkap signal dengan jelas.
  9. Berhati-hatilah dalam meletakkan HP Anda, karena radiasi berefek didekat ia memancar.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

TREASURE △ Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos